9 Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Menyewa Jasa Pindahan Rumah

Menggunakan jasa pindahan rumah dapat membuat proses pindahan kita menjadi lebih mudah. Namun, apabila penyedia jasa tidak profesional, bisa saja kita malah mengalami kerugian. Misalnya seperti barang yang hilang maupun barang yang rusak. Oleh karena itu, kita tidak boleh sembarangan memilih penyedia jasa. Dibutuhkan persiapan yang cukup untuk mendapatkan penyedia jasa yang terbaik. Agar mendapatkan penyedia jasa pindahan terbaik, lakukanlah 9 langkah berikut ini.

1. Mengecek hal-hal yang dibutuhkan
Untuk menemukan sesuatu, kita harus mengetahui apa yang kita butuhkan. Saat memutuskan pindah, pikirkanlah proses pindahan serta layanan jasa yang kita butuhkan. Pertimbangan juga jarak yang akan ditempuh serta jumlah barang yang perlu dibawa. Kita dapat mengkategorikan dua jenis barang, yakni barang yang dibawa penyedia jasa serta barang yang kita bawa sendiri.

2. Menanyakan rekomendasi, pengalaman, serta saran untuk menyewa jasa pindahan
Pengalaman konsumen termasuk salah satu hal yang sangat menentukan kualitas penyedia jasa. Oleh karena itu, cobalah menghubungi orang-orang di sekitar kita seperti teman, keluarga, rekan kerja, serta tetangga. Kita dapat menanyakan mereka pengenai pendapat mereka terhadap penyedia jasa pindahan rumah. Selain itu, tanyakan juga apakah mereka pernah mengalami masalah ataupun merasa tidak puas. Setiap bentuk rekomendasi dan ulasan akan membantu kita untuk menentukan kualitas penyedia jasa.

3. Menyeleksi Pilihan-Pilihan yang kita punya
Entah mendapatkan rekomendasi penyedia jasa atau tidak, kita harus tetap memanfaatkan teknologi. Cobalah mencari penyedia jasa pindahan rumah melalui internet. Kita dapat membuat daftar penyedia jasa berpotensi. Setelah itu, kita dapat mengunjungi website mereka untuk mencari tahu informasi lebih lanjut. Lakukan pengecekan pada informasi seperti nama perusahaan, alamat, serta nomor telepon. Apabila informasi penyedia jasa tidak sesuai, segeralah beralih ke penyedia jasa lainnya.

4. Mewawancarai Beberapa Penyedia Jasa Pindahan Rumah
Setelah menyeleksi, kita dapat menghubungi beberapa penyedia jasa melalui email maupun telepon. Beritahukan mereka bahwa kita sedang membutuhkan jasa pindahan rumah. Jangan lupa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar teknis pindahan yang belum kita ketahui. Melalui hal ini, kita dapat memberikan penilaian mengenai cara penyedia jasa melayani konsumennya.

5. Menanyakan estimasi biaya yang dikenakan
Pastikan setidaknya kita mendapatkan estimasi biaya dari tiga hingga lima penyedia jasa. Penyedia jasa yag menolak survei langsung dan hanya bertanya melalui telepon tidaklah dapat dipercaya. Penghitungan mereka cenderung tidak akurat karena hanya mendata berdasarkan keterangan konsumennya. Hal ini seringkali membuat biaya yang dikenakan jauh lebih besar dari biaya estimasinya.

6. Bernegosiasi dengan segala detail
Saat penyedia melakukan survei, beritahukan segala informasi secara detail. Hal ini akan membantu mereka membuat estimasi yang lebih akurat. Selain itu, mereka juga dapat memahami kesulitan yang nantinya akan terjadi. Sebagai konsumen, kita juga dapat menanyakan adanya biaya tambahan untuk barang-barang yang berat seperti kulkas.

7. Mereview dan membandingkan estimasi biaya
Setelah penyedia jasa memberikan estimasi biaya, perhatikanlah estimasi tersebut. Pastikan kita mengerti estimasi tersebut secara rinci. Penyedia jasa yang profesional juga akan mengeluarkan estimasi biaya secara tertulis yang resmi. Hal ini dapat dilihat dari adanya nama kantor, alamat, nomor telepon, tanggal, serta tanda tangan di dalam kertas. Kita dapat mempertimbangkan estimasi penyedia jasa yang satu dengan yang lainnya

8. Mengecek detail tambahan
Sebelum melakukan kesepakatan, lakukan pengecekan ulang terhadap penyedia jasa. Pastikan mereka bukan penyedia jasa tidak berkualitas yang dapat merugikan kita. Selain itu, lakukan pengecekan juga terhadap asuransi yang mereka sediakan.

9. Menentukan penyedia jasa
Setelah menentukan penyedia jasa, kita harus menghubungi mereka. Konfirmasikan lagi detail pekerjaan sebelum menandatangani perjanjian. Jika sudah menandatangani kontrak, simpanlah kontrak tersebut di tempat yang aman. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, kontrak dapat menjadi bukti untuk mengajukan klaim.

Sumber: https://www.mymovingreviews.com/move/steps-to-hiring-movers

SHARE

Syarifah Aqila An-Najah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar