Stalaktit: Fenomena Alam Langka

Stalaktit bisa diartikan sebagai “yang menetes”, lebih jelasnya adalah mineral sekunder yang menggantung dari langit-langit di gua karst (gua kapur). Pembentukan stalaktit terjadi akibat pengendapan kalsium karbonat dan mineral lain. 
Stalaktit: Fenomena Alam Langka
Stalaktit: Fenomena Alam Langka. (foto: wikiwand.com)
Larutan kalsium bikarbonat tersebut mengalir melalui bebatuan sampai mencapai sebuah tepi dan tepinya berada di atap gua, sehingga larutan akan menetes perlahan ke bawah. Larutan yang mengalami kontak dengan udara menimbulkan reaksi kimia. Pertumbuhan rata-rata stalaktit yakni 0,13 mm (0,005 inci) per tahun. Aliran air yang kaya akan karbonat kalsium dan karbon dioksida semakin mempercepat pertumbuhan stalaktit. 

Sebagai tambahan pengetahuan, stalagmite dan stalaktit itu bisa mengeluarkan bunyi. Misalnya, di Gua Tambuhan daerah Pacitan, saat anda mengunjunginya bisa mendengarkan nyanyian yang diiringi suara musik gamelan. Suara music gamelan itu berasal dari stalaktit gua. Saat dipukul perlahan, stalaktit itu mengeluarkan bunyi mirip suara gamelan. Tidak percaya, silahkan coba mengunjung Gua Tambuhan. Semoga Bermanfaat. 

SHARE

Syarifah Aqila An-Najah

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar